Senin, 25 Juni 2012

Dua Lembaga Hibah Asal Amerika Serikat

Dua lembaga hibah asal Amerika Serikat (AS), Millennium Challenge Corporation (MCC) United States (US) dan National Renewable Energy Laboratory (NREL) of US untuk bantuan hibah MCCUS program Green Prosperity menjajaki kerja sama dengan Pemkab Mamuju.

Utusan dari kedua lembaga tersebut bertemu Bupati Mamuju Suhardi Duka di Kantor Bupati Mamuju, kemarin. Mereka didampingi pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Penjajakan kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan pihak Bappenas ke Mamuju pada 23-29 April lalu. MCC dan NREL meng-identifikasi short-list project Renewable Energy (RE) dan Natural Resources Management Practices (NRMP).

Juga mengindentifikasi gender dan isu sosial. Program Development NREL John Bernet dan Senior Technical Advisor MCC James Brown tertarik wilayah Mamuju yang mayoritas masih hijau dan dikelilingi hutan lindung. “Daerah seperti ini sudah langka. Luar biasa, penduduk Mamuju bisa bertahan di hutan,” kata John. Kalimat itu diluruskan Suhardi Duka. Dikatakan, mayoritas penduduk Mamuju tidak di dalam hutan seperti terlihat dalam peta.

Tapi di dalam kebun mereka sendiri,seperti kebun sawit dan coklat. Namun terlepas dari itu semua, Suhardi merespon positif rencana MCC dan NREL. Bahkan dia berharap agar kedua organisasi dari Amerika Serikat itu bisa memfasilitasi agar perusahaan besar seperti Jamu Jago, Air Mancur dan Sido Muncul bersedia melakukan investasi di Mamuju.

”Karena saat ini produksi Mamuju sangat melimpah. Bahkan pasar lokal sudah jenuh, sehingga jahe dipasarkan ke luar daerah.Tidak ada pelaku ekonomi yang dapat menjembatani antara produsen dengan pabrik. Karenanya,MCC dan NREL diharapkan bisa memfasilitasi agar salah satu perusahaan besar itu membuka pabriknya di Mamuju,” katanya. Jahe,lanjut Suhardi,saat ini menjadi tanaman unggulan masyarakat Mamuju.

Setelah kakao dalam masa sulit.Selain jahe, kerjasama yang akan dilakukan adalah pengolahan daur ulang limbah sawit. Dituturkan, MCC dan NREL ingin membangun kerjasama mengembangankan wilayah dengan lebih memberdayakan masyarakat dan sekaligus adanya upaya untuk sektor- sektor pertanian yang hijau. Sehingga lingkungan tetap terjaga, petani sejahtera, dan produktivitas berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar